Ini Alasan Kenapa Emas di sebut Logam Mulia

Ini Alasan Kenapa Emas di sebut Logam Mulia ~  Sebelum mengetahui lebih banyak alasan emas bernama Lowa Mulia, Anda harus terlebih dahulu memahami sejarah emas.

Laporan Investo, Sejarah Emas itu sendiri dimulai pada tahun 2000 sebelum AD.

Pada saat itu, orang Mesir untuk pertama kalinya membentuk perhiasan. Sementara itu, penggunaan emas sebagai mata uang atau pertukaran hanya dilakukan pada 540 sebelum AD.

Pedagang menginginkan bentuk uang yang memiliki standar dan mudah diperdagangkan sehingga pembelian dan penjualan transaksi lebih sederhana.

Di era itu, membentuk koin emas yang dicap sebagai jawaban, karena masyarakat pada umumnya telah menerima emas sebagai perhiasan di berbagai bagian dunia.

Inggris mulai mengadopsi koin yang terbuat dari logam mulia pada 775 M.

Mata uang Inggris disebut pound sterling, itu adalah simbol perak sterling (ukuran massa), perak, atau perak, terdiri dari 92,5 persen perak murni dan 7,5 persen dari logam lain.

Ada berbagai alasan emas yang disebut logam mulia. Salah satunya adalah faktor langka. Meskipun jarang, itu tidak berarti bahwa emas tambang tidak mungkin dilakukan.

Inilah yang menyebabkan masalah di masa lalu, orang menggunakan emas sebagai “mata uang” atau alat pertukaran. Selain itu, banyak uang di masa lalu yang juga menggunakan emas sebagai bahan baku karena dianggap sebagai nilai.

Dalam proses memperoleh emas 22 karat  , proses ekstraksi yang panjang diperlukan dalam bijih logam, yang ada di masa lalu, sulit.

Selain alasan fundamental, ada alasan lain mengapa emas disebut logam mulia.

Pelaporan dari BBC, Profesor Kimia di University College London, Andrea Sella menjelaskan, di tabel periodik kimia, itu adalah 118 jenis elemen.

Dari jumlah tersebut, emas adalah sagu dari 49 elemen di zona transisi, atau berada di tengah-tengah tabel periodik bersama dengan besi, aluminium, tembaga dan perak.

Emas memiliki elemen kimia yang cukup unik daripada jenis logam lainnya.

Bijih emas masih cenderung lebih mudah ditambang dan lebih mudah untuk bergabung daripada bijih logam lainnya.

Di sisi lain, bentuk emas juga tidak mudah diubah. Emas tidak mudah bereaksi terhadap elemen kimia lainnya.

Ini berbeda dari perak yang memiliki reaksi sulfur atau zat besi yang dapat mengoksidasi atau mengalami oksidasi.

Oleh karena itu, dapat dikatakan, bentuk emas tidak akan berubah atau tetap sama hingga tahun Barbu.

Ini adalah salah satu alasan emas yang disebut logam mulia.

Nilai emas sebagai logam yang dianggap mulia juga bisa disebut sebagai sebuah konstruksi sosial.

Bila melihat sejarah panjang emas, bisa dikatakan nilai emas bermula dari penggunaan emas sebagai perhiasan. Hal ini dikarenakan emas yang memiliki warna berbeda bila dibandingkan dengan jenis logam lain yang umumnya berwarna perak atau silver.

Hal ini lah yang membentuk atau mengonstruksi emas sebagai jenis logam yang dianggap berharga.

Di masa kini, orang bisa menukar emas dengan uang, sehingga ia memiliki nilai. Di sisi lain emas juga memberikan efek yang misterius bagi manusia, yakni memberi perasaan nyaman, senang, dan bahagia.

Emas kerap kali juga digunakan sebagai simbol kesejahteraan atau kekayaan. Nilai psikologis emas inilah yang menjadi alasan lain emas disebut logam mulia.

Emas memang dahulu digunakan sebagai mata uang, namun emas bukan satu-satunya logam mulia.

Terdapat jenis logam mulia bernilai tinggi lain, yakni platinum atau paladium. Sama halnya dengan emas, keduanya tak beraksi terhadap unsur kimia lain. Namun demikian, keduanya terlalu langka dan terlalu sulit untuk dibentuk menjadi koin yang bisa disirkulasikan sebagai mata uang.

Untuk bisa menjadi instrumen mata uang, unsur kelangkaan memang diperlukan, namun harus tersedia dalam jumlah yang cukup sehingga bisa dinilai dengan harga yang masuk akal dan bisa diedarkan di pasar.

Meski tak lagi digunakan sebagai mata uang, penggunaan emas sebagai alat tukar dipercaya bisa kembali terjadi bila terjadi bencana yang menyebabkan penggunaan uang kertas tak memungkinkan untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *